100 Highlights Alpen: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

100 Highlights Alpen: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

TI Format penulisan fungsi printf() untuk menampilkan nilai variabel berupa bilangan desimal (float) dengan 2 angka di belakan koma adalah ... (diisi dengan huruf kecil) ​

Format penulisan fungsi printf() untuk menampilkan nilai variabel berupa bilangan desimal (float) dengan 2 angka di belakan koma adalah ... (diisi dengan huruf kecil) ​

Jawaban:

Untuk menampilkan variabel menggunakan printf, terdapat pola khusus. Di dalam bahasa pemrograman C, kita harus mempersiapkan “tempat” untuk variabel itu, lalu menulis nama variabel di akhir perintah printf.

Penjelasan:

Diawal kode program, saya mendefinisikan 3 buah variabel, yakni harga, nilai_ip dan huruf. Masing-masing variabel bertipe integer (int), float dan char. Setiap variabel langsung diisi dengan nilai awal.

Ketika isi variabel akan ditampilkan dengan perintah printf, kita tidak bisa menulisnya begitu saja, tapi ada format penulisan khusus.

Dalam bahasa C, perintah printf pada dasarnya adalah sebuah function atau fungsi. Sebuah function bisa diisi dengan argumen yang berfungsi sebagai nilai inputan. Argumen ini ditulis di dalam tanda kurung pada saat pemanggilan function. Jika terdapat beberapa argumen, dipisah dengan tanda koma.

Penjelasan dari kalimat diatas terasa cukup membingungkan terutama bagi anda yang belum pernah belajar tentang function di bahasa pemrograman lain.

Misalkan saya menulis perintah seperti ini:

printf("teks1", teks2, teks3);

Kode diatas artinya, saya menjalankan perintah printf dengan 3 buah argumen. Argumen pertama berupa “teks1”, argumen kedua adalah teks2, dan argumen ketiga dengan nama teks3. Jika ada argumen ke-4, saya tinggal menambahkannya di bagian belakang, misalnya seperti ini:

printf("teks1", teks2, teks3, teks4);

Inilah yang dimaksud dengan penulisan argumen.

Kembali kepada kode program sebelumnya, terdapat perintah berikut:

printf("Harga bakwan %i",harga);

Disini perintah printf dijalankan dengan 2 buah argumen. Argumen pertama berupa teks “Harga bakwan %i”, dan argumen kedua adalah variabel harga.

Perhatikan kode ‘%i’ di dalam teks argumen pertama. Sama seperti escape character dalam tutorial sebelumnya, tanda % juga memiliki makna khusus di dalam bahasa pemrograman C, terutama di perintah printf.

Kode %i disini akan menginstruksikan kepada compiler bahasa C bahwa “ganti karakter ini dengan sebuah variabel bertipe integer yang ada di argumen kedua“. Apakah isi argumen kedua? Yakni variabel harga. Apakah variabel harga bertipe integer? Betul. Maka hasilnya menjadi:

Harga bakwan 5000

Hal yang sama juga berlaku untuk perintah berikutnya:

printf("Semester 1 dapat nilai %f",nilai_ip);

Kode %f akan digantikan dengan isi dari variabel nilai_ip. Yang hasilnya menjadi:

Semester 1 dapat nilai 3.120000

Terakhir, perintah:

printf("%c adalah huruf pertama dalam abjad",huruf)

Akan diproses menjadi:

A adalah huruf pertama dalam abjad

Intinya adalah, kode % nantinya akan diganti dengan isi variabel yang ada di argumen kedua dari fungsi printf. Akan tetapi, kenapa kodenya beda-beda? Ada %i, ada %f dan %c, apa maksudnya? ini merupakan kode variabel untuk fungsi printf.

[answer.2.content]